RSS

Percakapan Iblis dengan Nabi Muhammad SAW

19 Mar

Hmm.. Percakapan Iblis dengan Nabi Muhammad SAW.. yayaya.. saya sedikit mencuplik Percakapan Iblis dengan Nabi Muhammad SAW dari bukunya Ibnu Arabi.. Sajaratul Kaun.. di mana dikisahkan Rasulullah SAW kedatangan tamu.. tamunya ternyata adalah Iblis.. mari kita simak cuplikan singkat Percakapan Iblis dengan Nabi Muhammad SAW di bawah ini.. ..

—888—

Iblis berkata : Wahai Muhammad.. sebenarnya saya tidak dapat menyesatkan sedikitpun.. akan tetapi saya hanya akan mengganggu dan menghiasi.. Andaikata saya memiliki hak dan kemampuan untuk menyesatkan.. tentu saya tidak akan membiarkan segelintir manusiapun di muka bumi ini yang masih sempat mengucapkan “Tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Utusan-Nya”.. dan tidak akan ada lagi orang yang shalat dan berpuasa.. Sebagaimana engkau wahai Muhammad.. tidak berhak memberikan hidayah sedikitpun kepada siapa saja.. akan tetapi engkau adalah seorang utusan dan penyampai amanah dari Tuhan.. Andaikata engkau memiliki hak dan kemampuan untuk memberi hidayah.. tentu engkau tidak akan membiarkan segelintir orang-pun kafir di muka bumi ini..

Engkau hanyalah sebagai hujjah Tuhan terhadap makhlukNya.. Sementara saya adalah hanyalah menjadi sebab celakanya orang yang sebelumnya sudah dicap oleh Allah menjadi orang celaka.. Orang yang bahagia dan beruntung adalah orang yang dijadikan bahagia oleh Allah sejak dalam perut ibunya.. sedangkan orang yang celaka adalah orang yang dijadikan celaka oleh Allah sejak dalam perut ibunya..

Kemudian Rasulullah SAW membacakan firman dalam QS Hud :

Jikalau Rabbmu menghendaki, tentu Dia menjadikan manusia umat yang satu, tetapi mereka senantiasa berselisih pendapat..
(QS. 11:118)

kecuali orang-orang yang diberi rahmat oleh Rabbmu. Dan untuk itulah Allah menciptakan mereka. Kalimat Rabbmu (keputusan-Nya) telah ditetapkan; sesungguh-nya Aku akan memenuhi neraka jahanam dengan jin dan manusia (yang durhaka) semuanya.. (QS. 11:119)

Tidak ada suatu keberatanpun atas Nabi tentang apa yang telah ditetapkan Allah baginya. (Allah telah menetapkan yang demikian) sebagai sunnah-Nya pada nabi-nabi yang telah berlalu dahulu. Dan adalah ketetapan Allah itu suatu ketetapan yang pasti berlaku.. (QS. 33:38)”.

Kemudian Rasulullah berkata lagi kepada Iblis : ” Wahai Abu Murrah [Iblis].. apakah engkau masih mungkin bertaubat dan kembali kepada Allah.. sementara saya akan menjamin-mu masuk surga”.. Ia iblis menjawab : ”Wahai Rasulullah.. ketentuan telah memutuskan dan Qalam-pun telah kering dengan apa yang terjadi seperti ini hingga hari kiamat nanti. Maka Maha Suci Tuhan.. yang telah menjadikanmu sebagai tuan para Nabi dan Khatib para penduduk surga.. Dia.. telah memilih dan meng-khususkan dirimu.. Sementara Dia telah menjadikan saya sebagai tuan orang-orang yang celaka dan khatib para penduduk neraka. Saya adalah makhluq celaka lagi terusir.. Ini adalah akhir dari apa yang saya beritahukan kepadamu dan saya mengatakan yang sejujurnya”..

—888—

Hmm.. cuplikan singkat Percakapan Iblis dengan Nabi Muhammad SAW di atas.. dengan jelas mengatakan baik dan buruknya manusia.. menolak dan menerima Amanat Suci dari ALLAH hanya kembali kepada kehendak dan kekuasaan ALLAH saja.. bahkan Iblis berkata saya tidak bisa memaksa orang untuk berbuat buruk.. hanyalah berbisik saja.. dan sebaliknya.. Nabi Muhammad pun tiada di beri kuasa untuk memberikan hidayah kecuali hanya menyampaikan dan memperingatkan..

Akhirnya sejujurnya semua kembali kepada diri kita masing masing.. Free Will.. Kebebasan Berkehendak yang di berikan kepada manusia sebagai pemegang AMANAT SUCI dari ALLAH.. untuk menjadi Kholifah Bumi.. manusia menjadi makhluk yang paling Sempurna.. Insan Kamil.. Sebagai pengendali keseimbangan dari seluruh sumber daya kehidupan yang ada di muka bumi ini.. mengendalikan seluruh potensi alam semesta raya dengan sebaik baiknya kemaslahatan bersama..

Sesungguhnya Kami telah menawarkan amanat kepada langit.. bumi dan gunung-gunung.. maka semuanya enggan untuk menerimanya dan mereka khawatir akan mengkhianatinya.. dan manusia menerimanya.. Sesungguhnya manusia itu amat dzalim dan amat bodoh.. Sehingga ALLAH mengazab orang orang MUNAFIK laki laki dan perempuan dan orang orang MUSYRIK laki laki dan perempuan.. dan sehingga ALLAH menerima TAUBAT orang orang MU’MIN laki laki dan perempuan.. Dan ALLAH Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

(Qs.al-Ahzab (33); 72-73)

Mari tentukan langkah dan persiapkan diri kita masing masing.. bola ada di tangan kalian masing masing mau menerima ajakan dan berlari menghampiri ALLAH.. mengikuti jejak Nabi Muhamad Rasulullah Saw.. atau mendengarkan bisikan serta bujuk rayu iblis.. silahkan putuskan masing masing.. mau mengikuti jejak siapakah ???..

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19/03/2013 in Islam

 

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: